Sabtu, 26 Juli 2025

Ini merupakan lanjutan dari tulisan yang berjudul MERUMUSKAN TUJUAN PEMBELAJARAN. Sebelum merumuskan tujuan pembelajaran pendidik perlu memperhatikan bahwa dalam CP memuat 2 komponen utama, yaitu Kompetensi dan Materi.

Berikut hasil analisis CP Mata Pelajaran Bahasa Jawa Fase C (Kelas 5 dan 6).

ANALISIS CP BAHASA JAWA FASE C (Kelas 5 & 6)

 

CP Umum :

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan  berbahasa Jawa sesuai unggah-ungguh basa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan kontekssosial kepada teman sebaya dan orang tua. Peserta didik mampu memahami,mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan berbahasa Jawa ngoko dan krama dari paparan lisan dan tulis tentang teks informasional dan teks sastra geguritan, cerita legenda, cerita wayang Pandawadan Punakawan dan tembang Maskumambang dan Mijil. Pesertadidik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik mampu menulis kalimat sederhana (tunggal) berhuruf Jawa sesuai kaidah. Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa nonsastra dengan topik tradisi/budaya, ungkapan Jawa. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan menambah pengetahuan dan keterampilan.

 

Dari CP tersebut, kita bisa kelompokkan menjadi beberapa elemen kunci:

A. Kompetensi yang Diharapkan

Berikut adalah kompetensi yang harus dicapai peserta didik pada akhir Fase C:

1.  Berkomunikasi dan Bernalar dengan Unggah-ungguh Basa:

·    Mampu berbahasa Jawa sesuai unggah-ungguh (ngoko dan krama).

·    Berkomunikasi dan bernalar sesuai tujuan dan konteks sosial.

·    Target komunikasi: teman sebaya dan orang tua.

 

2.  Memahami, Mengolah, dan Menginterpretasi Informasi (Lisan & Tulis):

·    Memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi berbahasa Jawa ngoko dan krama.

·    Sumber informasi: paparan lisan dan tulis.

 

3.  Menanggapi dan Mempresentasikan Informasi:

·    Mampu menanggapi informasi yang dipaparkan.

·    Mampu mempresentasikan informasi yang dipaparkan.

 

4.  Berpartisipasi Aktif dalam Diskusi:

·    Mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi.

 

5.  Menuliskan Tanggapan terhadap Bacaan:

·    Mampu menuliskan tanggapan terhadap bacaan.

·    Menggunakan pengalaman dan pengetahuannya dalam menanggapi.

 

6.  Menulis Kalimat Sederhana Berhuruf Jawa:

·    Mampu menulis kalimat sederhana (tunggal) berhuruf Jawa sesuai kaidah.

 

7.  Meningkatkan Penguasaan Kosakata Baru:

·    Meningkatkan penguasaan kosakata baru (nonsastra).

·    Topik kosakata: tradisi/budaya, ungkapan Jawa.

 

8.  Memiliki Kebiasaan Membaca:

·    Membaca untuk hiburan.

·    Membaca untuk menambah pengetahuan dan keterampilan.

 B.  Materi Pembelajaran

Berdasarkan CP, materi yang akan diajarkan mencakup hal-hal berikut:

1.  Unggah-ungguh Basa:

·    Penggunaan bahasa Jawa ngoko dalam berbagai konteks.

·    Penggunaan bahasa Jawa krama dalam berbagai konteks.

·    Perbedaan dan penerapan unggah-ungguh basa sesuai lawan bicara (teman sebaya, orang tua).

 

2.  Teks Informasional:

·    Berbagai jenis teks informasional dalam Bahasa Jawa (misalnya, teks deskripsi tentang budaya, pengumuman sederhana, berita sederhana).

 

3.  Teks Sastra:

·    Geguritan (puisi Jawa).

·    Cerita legenda (misalnya, Rawa Pening, Malin Kundang versi Jawa, dll.).

·    Cerita wayang: fokus pada Pandawa (Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, Sadewa) dan Punakawan (Semar, Gareng, Petruk, Bagong).

·    Tembang:

o  Maskumambang.

o  Mijil.

 

4.  Menulis Huruf Jawa:

·    Pengenalan dan penulisan huruf Jawa (carakan).

·    Penulisan kalimat tunggal sederhana berhuruf Jawa sesuai kaidah (pasangan, sandhangan, dll. disesuaikan tingkat kesulitan).

 

5.  Kosakata:

·    Tradisi/budaya Jawa (misalnya, nama-nama pakaian adat, alat musik tradisional, makanan khas, upacara adat sederhana).

·    Ungkapan Jawa (paribasan, bebasan, saloka sederhana yang relevan).

 

6.  Keterampilan Berbahasa:

·    Mendengarkan (menyimak informasi lisan).

·    Berbicara (menyampaikan tanggapan, presentasi, diskusi).

·    Membaca (memahami berbagai jenis teks).

·    Menulis (menulis tanggapan, menulis huruf Jawa).

Dari analisis ini, kita bisa mulai merumuskan tujuan pembelajaran yang lebih spesifik dan terukur untuk setiap elemen kompetensi dan materi.

Contoh:

Kompetensi: berkomunikasi dengan unggah-ungguh basa

Tujuan pembelajaran:

1.    Peserta didik dapat menggunakan basa ngoko saat berbicara dengan teman sebaya tentang kegiatan sehari-hari atau

2.    Peserta didik dapat menggunakan basa krama alus saat berbicara dengan orang tua tentang rencana liburan.

 

Berikut Rumusan Tujuan Pembelajaran (TP) Berdasarkan Kompetensi dan Materi di atas:

1. Kompetensi: Berkomunikasi dan Bernalar dengan Unggah-ungguh Basa

·      Tujuan Pembelajaran:

1.    Peserta didik mampu menggunakan ragam bahasa Jawa ngoko lugu untuk berkomunikasi secara lisan dengan teman sebaya tentang pengalaman sehari-hari.

2.    Peserta didik mampu menggunakan ragam bahasa Jawa krama alus untuk berkomunikasi secara lisan dengan orang tua atau guru tentang permintaan izin atau menyampaikan pendapat sederhana.

3.    Peserta didik mampu menanggapi pertanyaan dan menyampaikan gagasan sederhana secara lisan menggunakan unggah-ungguh basa yang tepat sesuai konteks dan lawan bicara.

2. Kompetensi: Memahami, Mengolah, dan Menginterpretasi Informasi (Lisan & Tulis)

·      Tujuan Pembelajaran:

1.    Peserta didik mampu mengidentifikasi informasi utama dan detail dari paparan lisan berbahasa Jawa (ngoko/krama) tentang teks informasional (misalnya, deskripsi budaya).

2.    Peserta didik mampu menyimpulkan isi pokok dari teks informasional berbahasa Jawa (ngoko/krama) yang dibaca.

3.    Peserta didik mampu menganalisis unsur-unsur (tema, amanat, tokoh) dalam geguritan yang dibaca/didengar.

4.    Peserta didik mampu mengidentifikasi karakter dan peran tokoh Pandawa serta Punakawan dalam cerita wayang yang didengar/dibaca.

5.    Peserta didik mampu memahami makna lirik dan pesan moral dalam tembang Maskumambang dan Mijil.

6.    Peserta didik mampu mengolah informasi dari cerita legenda untuk menceritakan kembali dengan bahasa sendiri.

3. Kompetensi: Menanggapi dan Mempresentasikan Informasi

·         Tujuan Pembelajaran:

1.    Peserta didik mampu memberikan tanggapan (setuju/tidak setuju, pertanyaan, saran) secara lisan terhadap informasi yang dipaparkan oleh teman atau guru.

2.    Peserta didik mampu mempresentasikan kembali informasi penting dari teks informasional atau cerita sastra yang telah dibaca/didengar dengan jelas dan percaya diri.

4. Kompetensi: Berpartisipasi Aktif dalam Diskusi

·      Tujuan Pembelajaran:

1.    Peserta didik mampu menyampaikan pendapat, mengajukan pertanyaan, dan merespons argumen teman secara santun dalam diskusi kelompok.

2.    Peserta didik mampu mendengarkan dengan saksama dan menghargai pendapat orang lain saat berdiskusi.

5. Kompetensi: Menuliskan Tanggapan terhadap Bacaan

·      Tujuan Pembelajaran:

1.    Peserta didik mampu menuliskan tanggapan pribadi (misalnya, perasaan, pendapat, atau koneksi dengan pengalaman) terhadap isi geguritan atau cerita legenda yang dibaca.

2.    Peserta didik mampu menghubungkan informasi dari bacaan dengan pengetahuan atau pengalaman pribadinya dalam bentuk tulisan sederhana.

6. Kompetensi: Menulis Kalimat Sederhana Berhuruf Jawa

·      Tujuan Pembelajaran:

1.    Peserta didik mampu menuliskan aksara Jawa dasar (carakan) dengan benar.

2.    Peserta didik mampu menuliskan sandhangan swara (wulu, suku, pepet, taling, taling tarung) pada aksara Jawa.

3.    Peserta didik mampu menuliskan pasangan aksara Jawa dalam kalimat tunggal sederhana.

4.    Peserta didik mampu menulis kalimat tunggal sederhana (misalnya, "Ibu maem sega") menggunakan aksara Jawa sesuai kaidah penulisan.

7. Kompetensi: Meningkatkan Penguasaan Kosakata Baru

·      Tujuan Pembelajaran:

1.    Peserta didik mampu mengidentifikasi dan memahami makna kosakata baru terkait tradisi/budaya Jawa dari berbagai sumber.

2.    Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru terkait tradisi/budaya Jawa dalam kalimat lisan atau tulisan.

3.    Peserta didik mampu memahami makna dan menggunakan ungkapan Jawa (paribasan/bebasan/saloka sederhana) dalam konteks yang tepat.

8. Kompetensi: Memiliki Kebiasaan Membaca

·      Tujuan Pembelajaran:

1.    Peserta didik memiliki minat membaca teks berbahasa Jawa (baik sastra maupun nonsastra) sebagai kegiatan hiburan.

2.    Peserta didik mampu mengidentifikasi informasi baru atau keterampilan dari teks berbahasa Jawa yang dibaca secara mandiri.


Selanjutnya rumusan tujuan pembelajaran ini bisa digunakan sebagai panduan untuk mengembangkan kegiatan belajar mengajar dan asesmen. Setiap tujuan ini dapat dipecah lagi menjadi tujuan yang lebih kecil atau indikator pencapaian yang diperlukan untuk setiap pertemuan.

Berikut contoh indikator pencapaian dari setiap tujuan pembelajaran tersebut.

1. Kompetensi: Berkomunikasi dan Bernalar dengan Unggah-ungguh Basa

·       TP Utama:

Peserta didik mampu menggunakan ragam bahasa Jawa ngoko lugu untuk berkomunikasi secara lisan dengan teman sebaya tentang pengalaman sehari-hari.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Mengidentifikasi ciri-ciri basa ngoko lugu.

2)    Menggunakan kosakata sehari-hari dalam basa ngoko lugu.

3)    Membuat kalimat sederhana dalam basa ngoko lugu.

4)    Berinteraksi lisan menggunakan basa ngoko lugu dengan teman sebaya (misalnya, memperkenalkan diri, menanyakan kabar, menceritakan kegiatan).

·         TP Utama:

Peserta didik mampu menggunakan ragam bahasa Jawa krama alus untuk berkomunikasi secara lisan dengan orang tua atau guru tentang permintaan izin atau menyampaikan pendapat sederhana.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Mengidentifikasi ciri-ciri basa krama alus.

2)    Menggunakan kosakata krama alus yang umum (misalnya, dhahar, sare, tindak).

3)    Membuat kalimat sederhana dalam basa krama alus.

4)    Melakukan percakapan sederhana dengan guru/orang tua menggunakan basa krama alus (misalnya, meminta izin ke toilet, bertanya pelajaran, menyampaikan terima kasih).

·         TP Utama:

Peserta didik mampu menanggapi pertanyaan dan menyampaikan gagasan sederhana secara lisan menggunakan unggah-ungguh basa yang tepat sesuai konteks dan lawan bicara.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Merespons pertanyaan guru/teman dengan unggah-ungguh yang sesuai.

2)    Menyampaikan gagasan atau ide sederhana secara lisan dengan pilihan kata yang tepat.

 

2. Kompetensi: Memahami, Mengolah, dan Menginterpretasi Informasi (Lisan & Tulis)

·       TP Utama:

Peserta didik mampu mengidentifikasi informasi utama dan detail dari paparan lisan berbahasa Jawa (ngoko/krama) tentang teks informasional (misalnya, deskripsi budaya).

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Menyimak paparan lisan tentang tradisi/budaya Jawa.

2)    Mencatat kata kunci atau informasi penting dari paparan lisan.

3)    Menjawab pertanyaan terkait informasi yang didengar.

·       TP Utama:

Peserta didik mampu menyimpulkan isi pokok dari teks informasional berbahasa Jawa (ngoko/krama) yang dibaca.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Membaca teks informasional berbahasa Jawa.

2)    Menentukan gagasan utama setiap paragraf.

3)    Menuliskan kesimpulan isi teks secara singkat.

·       TP Utama:

Peserta didik mampu menganalisis unsur-unsur (tema, amanat, tokoh) dalam geguritan yang dibaca/didengar.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Membaca/mendengarkan pembacaan geguritan.

2)    Mengidentifikasi tema geguritan.

3)    Menemukan amanat atau pesan moral dalam geguritan.

4)    Menjelaskan makna kata-kata sulit dalam geguritan.

·       TP Utama:

Peserta didik mampu mengidentifikasi karakter dan peran tokoh Pandawa serta Punakawan dalam cerita wayang yang didengar/dibaca.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Menyimak/membaca cuplikan cerita wayang Pandawa (misalnya, Yudhistira dan Bima).

2)    Menyebutkan nama-nama anggota Pandawa dan Punakawan.

3)    Mendeskripsikan ciri-ciri fisik dan karakter utama masing-masing tokoh.

4)    Menjelaskan peran sederhana tokoh dalam cerita wayang.

·       TP Utama:

Peserta didik mampu memahami makna lirik dan pesan moral dalam tembang Maskumambang dan Mijil.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Mendengarkan tembang Maskumambang dan Mijil.

2)    Menjelaskan aturan dasar tembang Maskumambang (guru gatra, guru wilangan, guru lagu).

3)    Menjelaskan aturan dasar tembang Mijil (guru gatra, guru wilangan, guru lagu).

4)    Mengartikan kata-kata sulit dalam lirik tembang.

5)    Menyimpulkan pesan moral atau filosofi dari tembang.

·       TP Utama:

Peserta didik mampu mengolah informasi dari cerita legenda untuk menceritakan kembali dengan bahasa sendiri.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Membaca/menyimak cerita legenda (misalnya, Rawa Pening).

2)    Mencatat urutan peristiwa dalam cerita.

3)    Menceritakan kembali cerita legenda secara runtut menggunakan bahasa sendiri.

 

 

3. Kompetensi: Menanggapi dan Mempresentasikan Informasi

·       TP Utama:

Peserta didik mampu memberikan tanggapan (setuju/tidak setuju, pertanyaan, saran) secara lisan terhadap informasi yang dipaparkan oleh teman atau guru.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Mendengarkan presentasi atau paparan teman/guru.

2)    Mengajukan pertanyaan yang relevan.

3)    Menyampaikan pendapat setuju/tidak setuju dengan alasan sederhana.

4)    Memberikan saran yang membangun.

·       TP Utama:

Peserta didik mampu mempresentasikan kembali informasi penting dari teks informasional atau cerita sastra yang telah dibaca/didengar dengan jelas dan percaya diri.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Menyusun kerangka presentasi sederhana.

2)    Mempresentasikan informasi dengan intonasi dan artikulasi yang jelas.

3)    Menjawab pertanyaan dari audiens.

4. Kompetensi: Berpartisipasi Aktif dalam Diskusi

·       TP Utama: Peserta didik mampu menyampaikan pendapat, mengajukan pertanyaan, dan merespons argumen teman secara santun dalam diskusi kelompok.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Menyampaikan pendapat dengan bahasa yang santun.

2)    Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi.

3)    Memberikan respons terhadap pendapat teman.

4)    Menghargai perbedaan pendapat.

·       TP Utama:

Peserta didik mampu mendengarkan dengan saksama dan menghargai pendapat orang lain saat berdiskusi.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Fokus saat teman berbicara.

2)    Tidak memotong pembicaraan orang lain.

5. Kompetensi: Menuliskan Tanggapan terhadap Bacaan

·       TP Utama:

Peserta didik mampu menuliskan tanggapan pribadi (misalnya, perasaan, pendapat, atau koneksi dengan pengalaman) terhadap isi geguritan atau cerita legenda yang dibaca.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Menuliskan kesan atau perasaan setelah membaca geguritan/cerita.

2)    Menuliskan pendapat tentang tokoh atau peristiwa dalam cerita.

3)    Menuliskan hubungan antara isi bacaan dengan pengalaman pribadi.

·       TP Utama:

Peserta didik mampu menghubungkan informasi dari bacaan dengan pengetahuan atau pengalaman pribadinya dalam bentuk tulisan sederhana.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Mengidentifikasi informasi baru dari bacaan.

2)    Menuliskan bagaimana informasi tersebut berkaitan dengan apa yang sudah diketahui atau dialami.

6. Kompetensi: Menulis Kalimat Sederhana Berhuruf Jawa

·       TP Utama: Peserta didik mampu menuliskan aksara Jawa dasar (carakan) dengan benar.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Mengenali bentuk dan urutan penulisan 20 aksara carakan.

2)    Menuliskan aksara carakan tanpa kesalahan.

 

·       TP Utama:

Peserta didik mampu menuliskan sandhangan swara (wulu, suku, pepet, taling, taling tarung) pada aksara Jawa.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Mengenali bentuk dan fungsi sandhangan swara.

2)    Menuliskan aksara Jawa dengan sandhangan swara yang tepat.

·       TP Utama:

Peserta didik mampu menuliskan pasangan aksara Jawa dalam kalimat tunggal sederhana.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Mengenali bentuk pasangan aksara Jawa.

2)    Menuliskan kalimat yang mengandung pasangan aksara Jawa.

·       TP Utama:

Peserta didik mampu menulis kalimat tunggal sederhana (misalnya, "Ibu maem sega") menggunakan aksara Jawa sesuai kaidah penulisan.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Menuliskan kalimat tunggal sederhana dari bahasa Latin ke aksara Jawa.

2)    Memperhatikan penggunaan paten dan pasangan.

7. Kompetensi: Meningkatkan Penguasaan Kosakata Baru

·       TP Utama:

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan memahami makna kosakata baru terkait tradisi/budaya Jawa dari berbagai sumber.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Mencari makna kosakata baru dari kamus atau sumber lain.

2)    Menjelaskan makna kosakata terkait tradisi (misalnya, kenduri, wayangan, batik).

·       TP Utama:

Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru terkait tradisi/budaya Jawa dalam kalimat lisan atau tulisan.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Membuat kalimat menggunakan kosakata baru.

2)    Menceritakan tradisi/budaya Jawa menggunakan kosakata yang relevan.

·       TP Utama:

Peserta didik mampu memahami makna dan menggunakan ungkapan Jawa (paribasan/bebasan/saloka sederhana) dalam konteks yang tepat.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Menjelaskan makna ungkapan Jawa sederhana (misalnya, jer basuki mawa beya, becik ketitik ala ketara).

2)    Menggunakan ungkapan Jawa dalam percakapan atau tulisan singkat.

8. Kompetensi: Memiliki Kebiasaan Membaca

·       TP Utama:

Peserta didik memiliki minat membaca teks berbahasa Jawa (baik sastra maupun nonsastra) sebagai kegiatan hiburan.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Memilih buku/teks berbahasa Jawa untuk dibaca di waktu luang.

2)    Menceritakan kembali bagian menarik dari bacaan yang dipilih.

·       TP Utama:

Peserta didik mampu mengidentifikasi informasi baru atau keterampilan dari teks berbahasa Jawa yang dibaca secara mandiri.

o   Indikator/TP Kecil:

1)    Menyebutkan informasi baru yang didapat dari bacaan.

2)    Menjelaskan bagaimana bacaan tersebut menambah pengetahuan atau keterampilan.

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar